Mencintai diri sendiri…

“Aku mencintai dia dan cuma dia yang bikin aku bahagia” adalah kalimat populer yang sering diucapkan secara drama dan dianggap tulus mencintai.

Semua orang selalu menjadi lebih cerewet ketika ditanya alasannya mencintai seseorang. Dia akan menceritakan berbagai hal yang disukai dari orang tersebut dan membuatnya merasa menjadi orang paling beruntung, karena memilikinya. Namun, semua itu berbanding terbalik, ketika seseorang mengatakan ‘kamu harus mencintai dirimu sendiri’.

Kamu akan diam seribu bahasa dan kebingungan mencari alasan untuk mencintai diri sendiri. Tidak banyak orang yang mengerti mengapa perlu mencintai diri sendiri. Bisa jadi, karena merasa sudah mencintai diri sendiri atau merasa itu adalah hal egois dan juga narsis yang tidak perlu dilakukan. Perlu kamu ketahui, bahwa mencintai diri sendiri adalah syarat utama untuk bahagia dan membuatmu pantas dicintai.

Lalu, mengapa kamu harus mencintai diri sendiri?

1. Kamulah yang menempati tubuhmu
Kamu tidak boleh memperlakukan tubuhmu dengan buruk, karena kamu akan tinggal dalam tubuh itu seumur hidupmu. Karena itulah, kamu memiliki tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi pada tubuhmu. Penolakan dari orang lain adalah hal yang biasa. Mereka hanya tidak tahu kualitas yang kamu miliki. Ketidaktahuan yang tidak ingin mereka cari, karena kemasan tidak menarik. Percuma saja memiliki segudang kualitas, jika tidak ada yang mau tahu, bukan?

2. Tidak ada yang bisa menyakitimu
Ketika kamu sudah menyadari bahwa tubuhmu adalah salah satu asetmu, maka kamu akan mulai mengenali dirimu sendiri. Kelebihan dari mengenal diri sendiri adalah kamu menjadi seseorang yang percaya diri dan mampu menetapkan batasan ‘apa yang boleh dan tidak boleh orang lain lakukan pada kamu’. Seseorang yang memiliki batasan diri adalah orang yang tidak bisa disakiti tanpa ada persetujuan darinya. Tidak ada batasan, sama dengan tidak ada harga diri.

3. Kamu menjadi versi terbaikmu
Sebagai sosok yang mengetahui diri sendiri. Kamu adalah orang yang tahu betul apa kelebihan dan kekuranganmu. Kamu memperbaiki kekuranganmu dengan terus memaksimalkan kelebihanmu dan mengeksplorasi dirimu untuk menjadi lebih baik lagi. Setelah itu, kamu tidak akan lagi menjadi kamu yang apa adanya. Kamu akan terus mengembangkan diri dan menjadi versi terbaikmu. Ketika kamu menjadi versi terbaikmu, kamu akan semakin mencintai dirimu sampai orang lain ikut – ikutan.

Mencintai diri sendiri, bukanlah hal yang egois apalagi narsistik. Mencintai diri sendiri adalah sebuah pemahaman akan apa yang ada dalam diri, sehingga kamu bisa menghargai diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Karena itulah, jangan pernah lupa untuk jatuh cinta pada diri sendiri dan jadilah versi terbaikmu!

Advertisements

One thought on “Mencintai diri sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s