Masa Malu 

Aku tidak pernah malu dengan apa yang sudah kulakukan di masa lalu. 😎

Bukan tidak pernah melakukan hal-hal memalukan, tapi aku menerima kekonyolan di masa lalu itu bagian menyenangkan dan pantas untuk di kenang.

Aku pernah merengek meminta nilai menggambarku di tambah oleh asdos pengganti dalam studio Dasar Perancangan Arsitektur. Nama Asdos-nya Pak Alan, masih muda dan karena itu tidak pandai menolak. Saat itu, gambar Villa Isola yang aku buat sepenuh hati itu diberi nilai jelek. Hmm… aku tidak terlalu ingat berapa nilainya. Tapi, kesalahanku hanya pada bagian cara mengarsir dan seharusnya ini dimaklumi -anak baru dan jebolan seni rupa. Aku menggunakan teknik menggosok, bukan mengarsirnya.

“Pak, sini geura” panggilku dengan selembar kertas concord yang bergambar Villa Isola.

Pak Alan berjalan dengan penuh percaya diri, menghampiri mejaku. Teman-teman yang berkumpul di mejaku, menatapku dengan tatapan ‘lu serius, Lan?’.

“Ya, kenapa?” tanya beliau tak lupa tersenyum.

Aku yang tidak di desain untuk bermain kode, tersenyum dan menunjuk nilai pada gambar Isola-ku.

“Aku, ga mau dapet nilai segini. Tambahin dong, Pak!” kataku, menatap lurus mata asdos malang yang sama sekali tak bisa menyembunyikan keterkejutannya.

Teman-temanku bubar seketika. Teman yang duduk sebaris denganku, segera berpura-pura sibuk menyelesaikan gambarnya.

Pak Alan mati-matian menolak permintaanku dan keesokan harinya, beliau tidak berkenan menjadi asdos kelompokku lagi 😂😂

Aku tahu ini salah dan tak seharusnya aku lakukan. Aku menyesal, jika ternyata perbuatanku membuat seseorang mengundurkan diri dari tugas atau pekerjaannya yang mungkin sangat di idamkan.

Sebetulnya, masih ada lagi. Tapi, aku sangat mengantuk dan mungkin di lain kesempatan akan kuceritakan yang lainnya 😄

Selamat malam dan selamat tidur 😪

Leave a Reply

